Senin, Agustus 03, 2009

Pesawatku yang malang...


Kembali terjadi pesawat Merpati Nusantara Airlines dengan nomor penerbangan MZ 9760D itu hilang kontak pada Minggu, pukul 10.28 WIT dalam penerbangan dari Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, menuju Lapangan Terbang Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang. Menurut jadwal, pesawat itu seharusnya mendarat di Oksibil pukul 11.05 WIT.
Ampisibil merupakan check point terakhir, 6 kilometer sebelum Bandar Udara Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang. Jadi sebenarnya pesawat itu sudah hampir sampai tujuan,” berada di Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura.

Direktur Utama PT Merpati Nusantara Airlines, Bambang Bhakti, membenarkan pesawat Twin Otter milik Merpati Nusantara Airlines yang hilang di Papua pada Minggu lalu, dan sudah ditemukan sekitar pukul 06.00 WIT 4 Agustus 2009 (Waktu Indonesia bagian Timur) di Ampisibil.

Menurut dia, pesawat Twin Otter itu ditemukan oleh Kapten Pilot Erick dari pesawat milik Associated Mission Aviation (AMA) yang tengah melintas di kawasan itu.

Masih banyak lagi daftar pesawat komersil seperti Garuda, Lion Air, Mandala Air, Adam Air, Batavia Air, dan Trigana Air yang berjatuhan karena human error atau technical problem lainnya, yang tidak sempat kami bahas kali ini.
Sungguh memprihatinkan dimana si penumpang ingin sampai tujuan bertemu sanak dan saudara, namun memang rejeki, jodoh, dan mati sang penciptalah yang mengetahuinya.

Klik : Informasi Pesawat jatuh dari Tahun 1937 ~ 2009

Berikut ini juga yang terjadi pada penerbangan pesawat TNI kita :

Pertama tahun 1991 Hercules TNI AU jatuh di daerah condet jakarta, sekitar 150 prajurit Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU Gugur karena kecelakaan ini.
Ada juga yg gagal pendaratan ..wah kasian juga ya para prajurit kita tewas sebelum bertempur hanya karena kelalaian atau technikal error.

11 Maret 2008, helikopter latih TNI AU jenis Bell-47G Soloy buatan tahun 1976 jatuh di ladang tebu Desa Wanasari, Subang. Satu orang tewas dan satu orang luka berat.

26 Juni 2008, pesawat Cassa TNI AU A212-200 jatuh di kawasan Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat. Akibatnya, 18 penumpang tewas.

Pada 6 April 2009 lalu, sebuah pesawat Fokker 27 TNI-AU jatuh di hanggar Lanud Hussein Sastranegara, Bandung, dan menabrak serta menghancurkan dua pesawat lainnya yang berada di dalam hanggar. Dua pesawat yaitu Draya Air MC 212200 dan Batavia Air Boeing 737, tertimpa pesawat tersebut. Akibat peristiwa itu, sebanyak 23 orang penumpang meninggal, terdiri dari 17 siswa penerbangan dan enam pengajar.

Kemudian pada 11 Mei 2009, sebuah pesawat Hercules jatuh tergelincir saat akan mendarat di Bandara Wamena, Papua. Dugaan awal kapal tersebut mengangkut logistik Pemilihan Legislatif 2009.

Saat ini kita telah saksikan lagi Pada 20 Mei 2009, pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara jatuh di permukiman penduduk di Desa Geplak, Kecamatan Karas, Magetan, Jawa Timur. .

12 Juni 2009, pesawat Heli Super Puma milik TNI Angkatan Udara terjatuh di Lapangan Udara Atang Sanjaya, Bogor, Jawa Barat. Akibatnya, dua dari tujuh penumpang meninggal dunia, sisanya mengalami luka berat.

Ini merupakan peristiwa jatuhnya pesawat milik TNI-AU, dalam kurun waktu Januari-Juni 2009
Apalagi mengingat buatan pesawat tersebut adalah buatan tahun 70an.

Semoga semua yang terjadi bisa kita ambil hikmahnya

7 komentar:

  1. ada apa dgn penerbangan kita ya ?? kerjanya celaka mulu..heran gue

    BalasHapus
  2. Begitulah Indonesia.....

    BalasHapus
  3. ya biar bagai manapun kita harus tetap optimis akan kemajuan negara kita...eh tapi apanya yang maju ya..eeehhhmm

    BalasHapus
  4. jatuh lagi jatuh lagi wah indonesia jelek nich dalam hal penerbangan

    harus dirombak menejemn nya supaya tidak terjadi hal hal yang merugikan banyak pihak

    setujukah ???

    BalasHapus
  5. ya gimana ya saya sih se7 saja mengingat banyak faktor yang memang harus dibenahi, namun kita sebagai orang awam dibidang penerbangan ya memang harus ada yang bisa membenahinya

    BalasHapus
  6. Heran juga kok akhir2 ini banyak sekali pesawat yang jatuh ya.. pertanda apa ini ???

    BalasHapus
  7. hayo..pertanda apa hayoo..??...mayday..mayday...mayday..

    BalasHapus

Komentar posting Santai Disini yuk ... !!! Terima Kasih.

Posting terkini