Rabu, Juni 03, 2009

Sambel temPe (SamPe) ulek uenak...

Saya akan berbagi salah satu menu aplikasi dari tempe, yang pada umumnya tempe itu banyak variasinya. Antara lain tempe itu dijadikan lauk pendamping makanan yang diolah sebagai : kering/orek tempe, tempe bacem, tempe di tepungin, tempe digoreng biasa, tempe penyet, ada juga disayur santen wuah pokoknya tergantung selera deh ngolahnya.
Nah disinilah saya akan berbagi salah satunya yang pualing sederhana end guampang buangets...

Kalau anda semua bosan dengan olahan atau cara tempe disajikan seperti biasa, saya udah mencobanya sejak tahun 80an waktu saya kecil pas liat dapur cuman ada tempe yang udah di goreng. Lalu saya coba utak-atik sendiri untuk tambah selera makan saya. Ternyata wuaahh uenak.....Berikut penjelasannya....

Kalau saya boleh kasih nama olahannya adalah " Simple Plan " eh jangan deh nanti dikira nama grup band luar lagi, gimana kalo " Siamble Temp " dibaca sambel tempe.
gininih caranya dan bahannya :
1. Tempe
2. Bawang putih
3. Cabai ( rawit/merah ) tergantung selera puedesnya

Biar gampang ngolahnya di potong/iris2 dulu trus digoreng, oh ya sebelum di goreng di celupin air bumbu dulu biar berasa. Air bumbu nya terserah mau air tambah sedikit garam atau air dikasih lainnya.
siapkan cobek atau ulekan.
Tempe yang udah digoreng matang tadi siap untuk di ulek lembut jangan lupa di kasih bawang putih satu siung (mentah) dan cabe sesuka pedesnya (mentah) tetapi jangan lupa dicuci terlebih dahulu, ke tiga bahan tersebut diulek lembut ya...
Yang takut sama bawang putih alias Drakula boleh kok nggak pake, tapi kata orang sih bawang putih bikin awet muda...he..he..he..
kembali ke olahhan setelah lembut siap di bentuk atau begitu saja.
Hidangkan olahan tersebut dengan nasi panas atau ngebul-bul....wuah muantabs deh.

Selamat mencoba ya...nyam..nyam...nyam...

2 komentar:

  1. gitu ya Jian ya bole jj tu aq mau coba sebab tempe itu makanan kesukaan aq banget

    BalasHapus
  2. ya silahkan coba saja dirumah pasti mantabs, Nit kalo dah di coba resepnya kasih tau aku ya....

    BalasHapus

Komentar posting Santai Disini yuk ... !!! Terima Kasih.

Posting terkini